Kamis, 03 Februari 2011

Jangan Ganggu Persiapan Pemilu September 2011

Receb Taeb Erdogan tidak patut meminta Husni Mubarak mundur, karena sisa masa jabatannya masih ada 7 bulan lagi. Para tokoh lebih baik berpikir bagaimana meredakan pertikaian sesama warga Mesir, yang dapat mengganggu persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum September 2011.

Receb Taeb Erdogan, Perdana Menteri Turki, berhentilah mengganggu keamanan Mesir.
Yusuf Qardawi pun tidak patut menyeru warga Mesir berkumpul di lapangan dan jalan untuk menuntut Husni Mubarak mundur sebagai Presiden Mesir. Karena salah satu tanggung jawab Presiden yang tengah berkuasa adalah menyelenggarakan Pemilihan Umum.

Yusuf Qardawi dan Receb Taeb Erdogan bukan warga Mesir, telah berprilaku tidak netral. Yang tengah berdemo adalah kelompok minoritas yang kalah dalam Pemilihan Umum Legislatif. Tidak layak kelompok minoritas memaksa presiden mundur, karena dapat memancing kemarahan kelompok mayoritas. Situasi yang berlangsung kini di Mesir adalah tirani minoritas, yang tidak logis dilakukan.

Jika Husni Mubarak mundur, persiapan pemilihan umum yang tinggal 7 bulan lagi dapat terganggu, sehingga pemilihan umum September 2011 dapat terancam batal dilaksanakan. Bila hal tersebut terjadi situasi keamanan dan ketertiban di Mesir menjadi terganggu. Mundurnya presiden di penghujung masa jabatannya, dapat merusak tatanan yang telah berlangsung di Mesir.
Yusuf Qaradawi ulama Mesir lahir 9-9-1926, ajaklah pengunjuk rasa pulang sambil istighfar dan ta'awwuz
Yusuf Qardawi lebih baik menganjurkan warga Mesir kembali pulang, berzikir di rumah dengan lafaz istighfar dan ta’awwuz, karena setan telah menghasut warga Mesir berbuat brutal, dan mengganggu persiapan pemilihan umum September 2011.

Pernyataan-pernyataan Erdogan dan Qardawi mengenai Mesir belakangan ini menunjukkan ia sangat mengharapkan agar timbul situasi kacau, chaos berlangsung di Mesir.

Setan tidak selalu berasal dari bangsa Jin, manusia juga bisa jadi setan. QS Annaas: 6.

Kelompok minoritas, bila ingin berkuasa, silahkan mencari kawasan padang pasir luas, makmurkan padang pasir tersebut dengan menanam pohon kurma misalnya. Menetaplah disitu sampai ajal menjemput. Pimpinlah kelompok Anda memakmurkan  lahan padang pasir tersebut. Karena bumi sangat memerlukan pohon baru untuk mengembalikan keseimbangan lingkungan. Semoga rahmat Allah menyertai kalian.

Kandidat Presiden Mesir, bertarunglah dengan bijak, jangan menghasut warga berbuat makar. Bila Anda yang tengah berkuasa, maukah Anda dipaksa mundur, sebelum masa jabatan berakhir. Bantulah mengembalikan keamanan dan ketertiban. Pertarungan meraih suara mayoritas tersedia waktunya pada masa kampanye, bukan dengan menciptakan kekacauan menjelang waktu Pemilihan Umum. Tunjukkan kepada dunia bagaimana Islam berdemokrasi dengan santun, agar Umat Islam bisa menjadi teladan bagi yang lain. Berta'awwuz-lah 600 kali, agar akal kembali sehat.

Di saat krisis politik Mesir saat ini, bermunculan tokoh-tokoh yang berpotensi menggantikan Mubarak. Berikut ini adalah penjelasan singkat lima tokoh penting di Mesir.

Mohammad ElBaradei
Lelaki berusia 68 tahun ini sebelumnya menjabat sebagai dirjen Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Pada tahun 2010, setelah masa tugasnya di IAEA berakhir, ia kembali ke Mesir. Pada tahun 2005, ElBaradei dinobatkan sebagai pemenang penghargaan Nobel Perdamaian.

ElBaradei mendalami studi advokasi. Ia berpendapat bahwa Mesir membutuhkan perubahan fundamental dalam struktur kekuasan dan politik.

Dikatakannya, "Kekuasaan despotis seorang yang berasal dari militer seperti Hosni Mubarak harus diakhiri."

Dalam beberapa bulan terakhir, ElBaradei tidak berada di Mesir. Oleh karena itu, sebagian kalangan politik Mesir merasa kecewa. Namun pada akhirnya, ElBaradei memutuskan untuk kembali ke Mesir, Kamis lalu (27/1). Setibanya di Mesir, ia menyatakan siap untuk beperan dalam pemerintahan transisi.

Namun mengingat hubungan dekatnya dengan Amerika Seriakt pada saat menjabat sebagai dirjen IAEA, ia dinilai rakyat dan kelompok-kelompok Islam bukan sebagai calon yang tepat.


Mohammad Badi
Berusia 66 tahun dan memimpin gerakan oposisi terbesar di Mesir, Ikhwanul Muslimin. Ia dikenal sebagai seorang konservatif dan karena khawatir atas represi dari rezim Mubarak, ia menghindari aksi-aksi provokatif.

Mubarak telah mencatat penumpasan gerakan Islam sebagai salah satu tujuan penting dalam garis besar kebijakannya. Mubarak menuding kelompok-kelompok Islam sebagai pihak yang bertanggung jawab atas perampasan dan instabilitas yang berkobar pekan lalu. Di sisi lain, rezim Mubarak juga telah melabel Ikhwanul Muslimin sebagai lembaga terlarang. Ikhwanul Muslimin hanya diijinkan beraktivitas di sektor tertentu.

Ayman Nur
Adalah seorang politisi liberal jebolan fakultas hukum. Pada pemilihan umum presiden tahun 2005, ia menjadi rival Hosni Mubarak. Ia ditangkap dan dijebloskan ke penjara dengan tuduhan mengajukan dokumen dan berkas-berkas palsu saat mendaftarkan partai pimpinannya al-Ghad. Tiga tahun kemudian ia dibebaskan.

Undang-undang Mesir melarang Ayman Nur beraktivitas di kancah politik. Sebelumnya ia merupakan anggota partai Wafd di parlemen.

Amr Moussa
Saat ini dia menjabat sebagai Sekjen Liga Arab, dan merupakan salah satu mantan menlu terkemuka rezim Mubarak. Moussa mendapat banyak dukungan karena sikapnya membela Palestina dalam perundingan damai Palestina-Israel. Perannya di Liga Arab yang merupakan salah satu lembaga konservatif Arab dan pendukung rezim-rezim berkuasa saat ini di dunia Arab, sedikit banyak telah mempengaruhi popularitas Moussa di Mesir.

Pada masa lalu, Amr Moussa disebut-sebut sebagai calon kuat pengganti Mubarak. Setelah meluasnya demonstrasi "Hari Kemarahan" di Mesir, Moussa pun tidak ketinggalan dalam menyampaikan keinginannya untuk mencalonkan diri sebagai presiden mendatang.

Ahmed Hassan Zewail
Pemenang penghargaan Nobel Kimia tahun 1999 ini tahun lalu menyatakan tidak akan terjun ke kancah politik. Namun berbagai media massa Mesir Selasa (1/2) melaporkan bahwa Zewail akan pulang ke tanah airnya Kamis (3/2) untuk bekerjasama dengan Komisi Amandemen Undang-Undang Dasar Mesir.

Komisi itu beranggotakan tokoh-tokoh terkemuka Mesir termasuk di antaranya Ayman Nur. Berdasarkan berbagai laporan, Zewail mengusulkan kepada rakyat Mesir untuk membentuk sebuah dewan bernama Dewan Ahli yang bertugas merumuskan undang-undang dasar baru.

Hamdeen Sabahi
Dia dikenal seorang politisi nasionalis dan Sekjen Partai Karama. Partai ini tidak memiliki ijin resmi untuk beraktivitas. Pada tahun 2005, Sabahi terpilih sebagai anggota parlemen. Pada tahun yang sama Sabahi berniat mencalonkan diri sebagai rival Mubarak, namun segera ia mengurungkan niatnya.

Banyak pihak yang berharap Sabahi akan mendaftar sebagai calon presiden pada pemilu presiden mendatang. 

Tidak ada komentar: