Rabu, 23 Februari 2011

Kolaborasi untuk Makar

Gene Sharp, guru besar ilmu politik Amerika Serikat dari Universitas Massachusetts kini dianggap 'tokoh' yang berkontribusi besar dibalik penggulingan rezim Hosni Mubarak di Mesir. Di Lapangan Tahrir, karya Sharp juga menjadi pengantar tidur para demonstran. Di sorot cahaya seadanya dan bayangan tank-tanks mereka membaca buku Sharp.

Pesan utama peneliti Universitas Havard itu ialah kekuasaan kediktatoran berasal dari kepatuhan rakyat yang mereka pimpin. Bila rakyat dapat mengembangkan teknik yang menyolidkan dan meneguhkan penolakan mereka, sebuah rezim akan rontok.

Selama beberapa dekade, mereka yang hidup dibawah rezim otoriter melakukan perjalanan 'spritual' untuk bertemu Gene Sharp langsung dan meminta sarannya.

Menurut Sharp "segera, setelah anda memilih bertarung dengan kekerasan, anda berarti memilih bertempur dengan senjata terbaik musuh, jadi anda harus lebih cerdas dari itu". Karya Sharp mengajarkan bagaimana cara seimbang berhadapan dengan senjata militer, teknik-teknik itu dikumpulkan dari studi forensik tentang penumbangan tiran sepanjang sejarah.

"Senjata non-kekerasan ini sangat penting karena mereka memberi rakyat sebuah alternatif," ujarnya. "Jika rakyat tidak menggunakan ini, mereka tak pernah melihat bahwa sebenarnya mereka sangat berdaya, berkuasa, akhirnya hanya kembali pada perang dan kekerasan".

Petikan daftar 198 senjata non-kekerasan
  1. Membangun sebuah strategi untuk memenangkan dan meraih kebebasan dan visi masyarakat yang diinginkan.     
  2. Mengatasi rasa takut terhada represi rezim dengan menciptkan kelompok-kelompok kecil perlawanan.
  3. Menggunakan warna dan simbol untuk menggambarkan persatuan perlawanan.
  4. Belajar dari berbagai contoh sejarah tentang keberhasilan gerakan non-kekerasan.
  5. Menggunakan 'senjata' tanpa kekerasan.
  6. Mengidentifikasi pilar kediktaktoran dan mengembangkan strategi untuk mengurangi satu demi satu pilar tersebut.
  7. Menggunakan sikap brutal dan represif rezim sebagai alat perekrutan gerakan anda.
  8. Kucilkan, bila perlu singkirkan dan bersihkan gerakan dari orang-orang yang menggunakan atau mengadvokasi tindak kekerasan.
Pikiran Gene Sharp menjadi mudah diterima di Mesir dan dunia arab setelah ulama berpengaruh di Timur Tengah, Yusuf Qaradawi, di televisi Aljazeera turut menghasut demonstran agar terus berbondong-bondong menuntut Hosni Mubarak mundur. Dan berusaha memutar balikkan fakta dengan mengatakan pengunjuk rasa tidak melakukan pengrusakan kantor partai NDP, fasilitas publik dan tidak melakukan penjarahan toko-toko di Kairo.

Yusuf Qaradawi juga telah mengeluarkan fatwa yang menegaskan bahwa setiap tentara Libya yang memiliki kesempatan untuk menembak pemimpin Moammar Gaddafi harus melakukan itu 'demi membebaskan Libya dan rakyatnya dari kejahatan'.

"Saya disini memfatwakan siapapun  di dalam angkatan bersenjata Libya yang mampu dan memiliki kesempatan menembakkan peluru ke Gaddafi harus melakukannya," kata Qaradawi yang sebelumnya bermukim di Qatar, kepada telivisi Al Jazeera.

Ia juga menyerukan tentara Libya "untuk tidak mematuhi perintah menyerang terhadap rakyatnya sendiri". Ia juga mendesak duta besar Libya di seluruh dunia untuk memisahkan diri dari rezim Gaddafi.

Qaradawi mendukung rakyat Libya dan menyeru mereka tetap meneruskan perlawanan dengan konsekuensi apa pun, termasuk berapa pun martir yang mungkin tumbang. Ia menekankan bahwa balasan Tuhan sudah dekat dan Tuhan akan membalas Gaddafi baik di dunia maupun di masa nanti atas ketidakadilan dengan hukuman setimpal.

Ia meminta pula rakyat Libya untuk tetap 'teguh dan sabar menghadapi ketidakadilan'. Tak luput, ia mendesak negara-negara Arab untuk memberi dukungan kepada rakyat Libya yang berada dalam tekanan. Qaradawi juga mengajak pemuda Tunisia dan Mesir untuk mendukung gerakan rakyat di Libya.

Terkenal di seantero Timur Tengah atas beberapa kali fatwa kontroversialnya atau dekrit keagamaan,  mendadak menjadi selebriti dunia dalam dunia Arab karena tampil dalam siaran agama di Al Jazeera.

Selama ini Barat menuding Qaradawi mendukung 'terorisme' karenai ia menyetujui serangan bunuh diri yang dilakukan warga Palestina. Yusuf Qaradawi lama tinggal sebagai pelarian di Qatar. Keberadaan ulama itu dilarang pemerintah Mesir setelah pembunuhan terhadap Anwar Sadat. 

Pembanding terhadap pendapat 2 tokoh kolaborasi makar

Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. QS An Nisa': 59.

Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri diantara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikut syaitan, kecuali sebahagian kecil saja (di antaramu). QS An Nisa’: 83.

Dan (juga) kaum `Aad dan Tsamud, dan sungguh telah nyata bagi kamu (kehancuran mereka) dari (puing-puing) tempat tinggal mereka. Dan syaitan menjadikan mereka memandang baik perbuatan-perbuatan mereka, lalu ia menghalangi mereka dari jalan (Allah), sedangkan mereka adalah orang-orang yang berpandangan tajam. QS Al Ankabut: 38.

Demi Allah, sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami kepada umat-umat sebelum kamu, tetapi syaitan menjadikan umat-umat itu memandang baik perbuatan mereka (yang buruk), maka syaitan menjadi pemimpin mereka di hari itu dan bagi mereka azab yang sangat pedih. QS An Nahl: 63.

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya `auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. QS Al A;raf: 27.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu jadikan bapa-bapa dan saudara-saudaramu pemimpin-pemimpinmu, jika mereka lebih mengutamakan kekafiran atas keimanan dan siapa di antara kamu yang menjadikan mereka pemimpin-pemimpinmu, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. QS At Taubah: 23.


Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu", QS Ali Imran:26.
Gene Sharp lahir di Ohio USA, 28-1-1928 usia 83 tahun, seorang profesor tutor makar. Ia hadir langsung di lapangan At Tahrir, Kairo, Mesir dan sempat diwawancarai wartawan, ia mentutor elite demonstran bagaimana menyelenggarakan makar.
Yusuf Qaradawi lahir di Gharbia Mesir, 9-9-1926 usia 85 tahun melalui tv Aljazeera mentutor warga Mesir menyelenggarakan makar. Kini ia mentutor warga Libya menyelenggarakan makar.

Kesimpulan
Peralihan kekuasaan yang tertib dapat berlangsung melalui pemilihan umum atau dengan cara giliran turun-temurun dari ayah ke anak pada sistem monarki.
Peralihan kekuasaan dengan cara merampas dapat berlangsung melalui kudeta, makar, dan unjuk rasa.
Peralihan kekuasaan dapat pula berlangsung melalui peperangan atau kolonisasi.


Harapan
Penguasa yang mulia adalah penguasa yang mengajak rakyatnya bekerja menghijau makmurkan bumi dalam meraih kesejahteraan, sedangkan sektor lainnya adalah pendukung dan pelengkap semata. Sehingga keberadaan manusia di bumi bukan sebagai perusak keseimbangan bumi, seperti yang dikhawatirkan malaikat ketika manusia pertama akan diciptakan Allah.



“Betapa banyaknya negeri yang telah Kami binasakan, maka datanglah siksaan Kami (menimpa penduduk) nya di waktu mereka berada di malam hari, atau di waktu mereka beristirahat di tengah hari. Maka tidak ada keluhan mereka di waktu datang kepada mereka siksaan Kami, kecuali mengatakan: ‘Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zalim”. QS Ala’raf: 4-5

Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil (meteor) dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri QS Alankabut: 40.

Katakanlah: "Dialah yang berkuasa untuk mengirimkan azab kepadamu, dari atas kamu atau dari bawah kakimu atau Dia mencampurkan kamu dalam golongan-golongan (yang saling bertentangan) dan merasakan kepada sebahagian) kamu keganasan sebahagian yang lain. Perhatikanlah, betapa Kami mendatangkan tanda-tanda kebesaran Kami silih berganti agar mereka memahaminya QS Alan’am: 65

Tidak ada komentar: