Kamis, 30 Desember 2010

Neanhertal dan Denisovan adalah Hewan

Republika 30-12-2010
Satu spesies baru yang hidup sezaman dengan leluhur manusia 30 ribu tahun lalu telah ditemukan oleh para ilmuwan. Manusia gua yang disebut Denisovans, teridentifikasi dari DNA  gigi dan tulang jari dari suatu gua di Siberia.

Manusia gua itu ada selama akhir zaman es, ketika manusia modern membuat alat-alat dari batu, perhiasan dan seni. Temuan itu menjadikan setidak-tidaknya ada tiga jenis anggota berbeda dari pohon keluarga manusia pada saat itu - manusia modern, Denisovans dan Neandhertal.

Tulang itu dimiliki oleh seorang gadis muda yang diberi julukan  X-Women. Pengujian sementara yang dilansir awal tahun ini memperkirakan ia secara keseluruhan adalah spesies baru manusia. Analisis penuh DNA telah memastikan  tempatnya pada penambahan cabang pohon keluarga manusia.

Penemuan itu menyusul  penemuan kontroversial spesies baru lainnya yaitu  manusia setinggi tiga kaki yang disebut Hobbit di Indonesia pada tahun 2004. Banyak peneliti tak menganggap Hobbit karena menganggap tulang itu adalah manusia modern dengan kelainan pertumbuhan.

Jari kecil itu  dimiliki seorang gadis yang berusia sekitar lima hingga tujuh tahun dan ditemukan di goa Denisova di pegunungan Aitai di utara Siberia pada tahun 2008. Ditemukan juga perhiasan dan ornamen.

Denisovans secara fisik berbeda dari manusia Neandhertal yang gempal dan manusia modern meskipun spesies itu sama-sama berjalan tegak lurus dengan dua kaki.

Giginya menyerupai leluhur manusia yang lebih tua - seperti homo erectus yang punah satu juta tahun yang lalu. Denisovans tinggal pada semasa leluhur manusia dan leluhur Neandhertal berburu dan memancing, memakai perhiasan, menggambar di gua dan membuat ukiran binatang.

Pengujian DNA  menunjukan bahwa gigi dan tulang jari berasal dari orang yang berbeda, seperti dilaporkan para peneliti itu dalam jurnal Nature.

Baru satu dasawarsa  terakhir bahwa para ilmuwan mampu untuk menyusun DNA dari fosil. Sebelum itu mereka hanya mampu mengidentifikasi tulang dari bentuk dan ukuran.

Penelitian  menemukan ekstrak  DNA Denisovan pada  habitat Melanesia - pulau di wilayah utara dan timur Australia termasuk Papua dan New Guinea. Artinya, kemungkinan Denisovan kawin  dengan leluhur dari Melanesia lalu menyebar  luas di Asia.

"Ini merupakan sebuah sampel luar biasa yang tersaji baik, jadi itu merupakan kenikmatan bisa bekerja dengan data yang menyenangkan ini."

"Kami tak tahu mengapa, tetapi hampir seperti  keajaiban betapa baiknya DNA itu tersaji," Ujar Dr Richard Green dari universitas California, Santa cruz.

Spesies baru itu  kelompok saudara  Neandhertal dan temuan lukisan merupakan gambaran rumit dari evolusi manusia dan migrasi keluar dari Afrika.

Dr Green yakin satu kelompok dari leluhur awal manusia meninggalkan Afrika antara 300 dan 400 ribu tahun lalu dan dengan cepat berpisah.

Satu cabang menjadi  Neandhertal yang menyebar di Eropa sementara  lainnya bergerak ke timur dan menjadi Denisovan.

Sekitar 70 ribu tahun ada gelombang migrasi manusia modern keluar Afrika.

Mereka merupakan leluhur kita dan mereka pertama kali berhadapan dan bersilangan dengan Neandhertal - meninggalkan jejak DNA Neandhertal dalam kode genetik  semua non-Afrika manusia masa kini.

Satu kelompok manusia modern  kemudian kawin  dengan Denisovans sehingga ada jejak DNA Denisovan di dalam manusia yang menetap di Melanesia.

"Penelitian ini mengisi beberapa rincian tetapi kami masih perlu  mengetahui lebih banyak mengenai DNA Denisovan dan interaksi mereka dengan populasi manusia," ujar Dr Green.

"Lalu mungkin anda mulai bertanya-tanya, mungkinkah ada spesies ke-4 yang belum ditemukan?," kata Green.

Pendapat Zulfahmi
Hewan dan manusia memang memiliki beberapa kemiripan DNA maupun prilaku. Neandhertal dan Denisovan bukan manusia. Leluhur manusia Adam-Hawa berasal dari surga, diturunkan ke planet bumi setelah mencicipi buah khuldi yang dilarang, bertugas memakmurkan bumi dan mengabdi kepada Allah. Bumi tempat ujian kembali ke surga atau ke neraka, tempat kembali yang abadi.


Neandhertal dan Denisovan termasuk kelompok hewan, penghuni bumi dari awalnya.
Adam dan Hawa diciptakan di surga, yang berada di langit ke 7. 


Bumi, matahari, bulan dan planet lainnya (galaksi bimasakti, andromeda) beserta semua bintang dan benda angkasa lainnya berada di langit lapisan yang pertama.


"Kemudian Dia menuju langit, dan langit itu masih merupakan asap. Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui", QS Fushshilat: 11-12.



"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. QS Alisra': 1.


13."Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,
14. (yaitu) di Sidratil Muntaha. 
15. Di dekatnya ada surga tempat tinggal,
16. (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya.
17. Penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya.
18. Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar. QS Annajm: 13-18.


Baru 3 orang manusia yang pernah menyaksikan surga yakni Adam, Hawa dan Muhammad Saw. Muhammad Saw menyaksikan surga pada 27 Rajab -3 H ketika isra' mi'raj.








ilustrasi: sekejap setelah Adam dan Hawa makan buah khuldi